Pengertian Administrasi Perkantoran Secara Umum
Secara umum Pengertian
Administrasi Perkantoran adalah suatu kegiatan perencanaan keuangan, penagihan
dan pencatatan, personalia, dan distribusi barang serta logistik di sebuah
organisasi. Biasanya seorang karyawan yang bertugas dalam hal ini disebut dengan
administrator kantor atau manajer kantor.
Pengertian
Administrasi Perkantoran terbagi atas dua yaitu pengertian administrasi
perkantoran secara luas dan administrasi perkantoran secara sempit. Pengertian
administrasi perkantoran secara luas adalah suatu kerja sama secara sistematis
dan teroordinasi menurut pembagian tugas sesuai dengan struktur organisasi
dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sedangkan pengertian
administrasi perkantoran dalam arti sempit adalah semua kegiatan yang bersifat teknis
ketatausahaan dalam pelaksanaan pekerjaan operatif, penyediaan keterangan bagi
pimpinan, dan membantu kelancaran perkembangan organisasi.
Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran
Ruang
Lingkup Administrasi Perkantoran - Ruang lingkup administrasi perkantoran
mencakup dari kegiatan kantor dan saranan fasilitas kerja kantoran. Ruang
lingkup administrasi perakantoran adalah sebagai berikut...
1.
Kegiatan Kantor
Kegiatan
kantor merupakan kegiatan yang selalu dilakukan dalam perkantoran dimana
semakin luas tujuan perusahaan maka semakin besar pula kegiatan perkantoran
yang dilakukan. Pada umumnya kegiatan perkantoran terdri dari beberapa kegiatan
antara lain sebagai berikut..
a. Perencanaan Perkantoran (Office
Planning), adalah proses menentukan arah kegiatan kantor, dengan
peninjauan kembali terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan
kantor. Perencanaan perkantoran terdiri dari
1). Perencanaan gedung
2). Tata ruang kantor
3). Penerangan/cahaya
4). Ventilasi
5). Perlengkapan peralatan dan perabotan kantor
6). Anggaran (budgetting) perkantoran
7). Standar kualitas kerja
8). Sistem informasi dan telekomuniktasi
b. Pengorganisasian Perkantoran (Office Organizing), adalah pengaturan sejumlah fungsi organisasi dengan fungsi-fungsi meliputi
2). Tata ruang kantor
3). Penerangan/cahaya
4). Ventilasi
5). Perlengkapan peralatan dan perabotan kantor
6). Anggaran (budgetting) perkantoran
7). Standar kualitas kerja
8). Sistem informasi dan telekomuniktasi
b. Pengorganisasian Perkantoran (Office Organizing), adalah pengaturan sejumlah fungsi organisasi dengan fungsi-fungsi meliputi
§
Pembagian
tugas dan pekerjaan untuk efisiensi dalam organisasi perusahaan
§
Pemeliharaan
hubungan kerja yang baik dengan atasan maupun dengan bawahan
§
Penyediaan
peralatan/perlengkapan yang tepat, sesuai dengan jenis pekerjaan untuk
memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan.
c.
Pengarahan Perkantoran (Office Actuating), Pengarahan perkantoran adalah
suatu kegaitan yang meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja secara
maksimal sesuai dengan target dan sasaran yang telah ditentukan serta untuk
menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan dinamis. Pengarahan perkantoran
adalah sebagai berikut.
§
Penggunaan
teknik yang efektif dalam melakukan pengawasan terhadap bawahan
§
Penggunaan
teknik yang efektif dalam memberikan motivasi terhadap bawahan
§
Pemberian
bantuan kepada karyawan dalam memecahkan masalah ketika karyawan menghadapi
kesulitan dalam pekerjaan
§
Penyatuan
visi misi karyawan dan organisasi
§
Perancangan
cara komunikasi yang efektif dengan karyawan, untuk komunikasi antara atasan
dengan bawahan agar sedianya dapat berjalan lancar.
§
Penggunaan
tolak ukur yang benar dan adil dalam pemberian gaji karyawan.
d.
Pengawasan Perkantoran (Office Controlling), Pengawasan perkantoran adalah
kegiatan yang mematikan bahwa sasaran dan perencanaan dapat berjalan sesuai
dengan target yang ingin dicapai. Objek pengawasan perkantoran terdiri dari:
§
Penggunaan
peralatan dan perabot kantor
§
Metode-metode
dan standarisasi pekerjaan kantor
§
Kualitas
pekerjaan kantor
§
Pelayanan
kantor
§
Waktu
§
Biaya
perkantoran
2.
Saranan dan Fasilitas Kerja Kantoran
Dari hasil uraian diatas, kantor merupakan keseluruhan ruang dalam suatu bangunan yang terdapat kegiatan tata usaha atau kegiatan manajemen maupun berbagai tugas lainnya. Perkantoran terikat dengan prasarana seperti:
a. Lokasi Kantor
Faktor-faktor yang diperhatikan dalam penentuan lokasi kantor adalah sebagai berikut..
Dari hasil uraian diatas, kantor merupakan keseluruhan ruang dalam suatu bangunan yang terdapat kegiatan tata usaha atau kegiatan manajemen maupun berbagai tugas lainnya. Perkantoran terikat dengan prasarana seperti:
a. Lokasi Kantor
Faktor-faktor yang diperhatikan dalam penentuan lokasi kantor adalah sebagai berikut..
§
Keamanan
§
Lingkungan
§
Harga
b.
Gedung
Faktor-faktor
yang menjadi perhatian dalam penentuan gedung adalah sebagai berikut..
§
Gedung
menjamin keamanan dan kesehatan karyawan
§
Gedung
memiliki fasilitas yang memadai
§
Harga
gedung yang kompetitif seimbang dengan biaya dan keuntungannya.
c.
Peralatan
Peralatan digolongkan kedalam dua kelompok antara lain sebagai berikut..
1). Perabotan kantor (office furniture), misalnya kursi, meja, laci, rak dan sebagainya yang terbuat dari besi, kayu, maupun bahan-bahan lainnya, yang memiliki peranan penting dalam kantor.
2). Perbekalan kantor (office suplies), misalnya kertas, penghapus, pena, tinta printer, dan peralatan habis pakai lainnya.
d. Interior
Interior adalah tatanan perabot atau perangkat yang menunjang pelaksanaan kerja dalam ruang kantor, misalnya plafon, penerangan, ventilisais, hiasan kantor dan jendela.
e. Mesin-Mesin Kantor
Dalam perencanaan kegiatan kantor memiliki rumus perencanaan mesin yang digunakan sesuai dengan prosedur kerja, metode kerja dan kebutuhan interior.
Peralatan digolongkan kedalam dua kelompok antara lain sebagai berikut..
1). Perabotan kantor (office furniture), misalnya kursi, meja, laci, rak dan sebagainya yang terbuat dari besi, kayu, maupun bahan-bahan lainnya, yang memiliki peranan penting dalam kantor.
2). Perbekalan kantor (office suplies), misalnya kertas, penghapus, pena, tinta printer, dan peralatan habis pakai lainnya.
d. Interior
Interior adalah tatanan perabot atau perangkat yang menunjang pelaksanaan kerja dalam ruang kantor, misalnya plafon, penerangan, ventilisais, hiasan kantor dan jendela.
e. Mesin-Mesin Kantor
Dalam perencanaan kegiatan kantor memiliki rumus perencanaan mesin yang digunakan sesuai dengan prosedur kerja, metode kerja dan kebutuhan interior.
Karakteristik Administrasi
Perkantoran
Karakteristik
Administrasi Perkantoran - Administrasi perkantoran memiliki perbedaan dengan
tata usaha perkantoran. Terdapat faktor pembeda, mulai dari jenis kegiatan dan
luas lingkup unit kerja sebagai tempat dalam pelaksanaan kegiatan. Untuk lebih
jelasnya berikut karakteristik/ciri-ciri administrasi perkantoran...
a. Bersifat pelayanan (Service) pada semua pihak atau orang
Hal ini bermakna bahwa pekerjaan kantor umumnya merupakan dari pelayanan dan support untuk kegiatan organisasi.
b. Merembes dan dilaksanakan oleh semua pihak
Hal ini bermakna bahwa pekerjaan kantor berdampak pada unit-unit lain yang selalu hadir dan dilaksankan disetiap organisasi.
c. Hasil akhirnya berupa informasi
Informasi adalah keterangan-keterangan yang berisi data yang dapat dipercaya dalam kepentingan pihak tertentu. Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap informasi yang berada di kantor lain; pimpinan, pemegang saham, pemerintah, masyarakat, dan karyawan organisasi dsb.
d. Bersifat memudahkan
Pekerjaan kantor merupakan alat katalisator yang memiliki bermacam-macam kegiatan dari setiap perusahaan dipersatukan.
e. Bersifat pengetikan dan penghitungan
Susunan perkerjaan kantor lebih banyak yang terdiri dari pekerjaan mengetik
f. Dilakukan oleh semua pihak
Pekerjaan kantor tidak selalu dikerjakan dalam satu bagian yang beberapa kantor dikerjakan dalam tiap bagian perusahaan.
a. Bersifat pelayanan (Service) pada semua pihak atau orang
Hal ini bermakna bahwa pekerjaan kantor umumnya merupakan dari pelayanan dan support untuk kegiatan organisasi.
b. Merembes dan dilaksanakan oleh semua pihak
Hal ini bermakna bahwa pekerjaan kantor berdampak pada unit-unit lain yang selalu hadir dan dilaksankan disetiap organisasi.
c. Hasil akhirnya berupa informasi
Informasi adalah keterangan-keterangan yang berisi data yang dapat dipercaya dalam kepentingan pihak tertentu. Pihak-pihak yang berkepentingan terhadap informasi yang berada di kantor lain; pimpinan, pemegang saham, pemerintah, masyarakat, dan karyawan organisasi dsb.
d. Bersifat memudahkan
Pekerjaan kantor merupakan alat katalisator yang memiliki bermacam-macam kegiatan dari setiap perusahaan dipersatukan.
e. Bersifat pengetikan dan penghitungan
Susunan perkerjaan kantor lebih banyak yang terdiri dari pekerjaan mengetik
f. Dilakukan oleh semua pihak
Pekerjaan kantor tidak selalu dikerjakan dalam satu bagian yang beberapa kantor dikerjakan dalam tiap bagian perusahaan.
Unsur-Unsur Administrasi
Perkantoran
Unsur-Unsur
Administrasi Perkantoran - Administrasi perkantoran memiliki beberapa
unsur-unsur antara lain sebagai berikut...
§
Organisasi, ialah mengelompokkan dan
menyusun kerangka kerja, jalinan hubungan kerjasama antara para pekerja dalam
suatu wadah untuk mencapai tujuan tertentu.
§
Manajemen, berfungsi dalam merencanakan,
mengorganisasikan, membina, membimbing, menggerakkan, dan mengawasi sekelompok
orang serta mengerahkan segenap fasilitas untuk tujuan yang telah ditentukan
dapat tercapai dengan baik.
§
Komunikasi, adalah kegiatan yang menyampaikan
berita, pemberian ide, dan gagasan dari seseorang kepada orang lain, yang
bersifat timbal balik antara pimpinan dengan pimpinan, pimpinan dengan bawahan,
baik secara formal maupun yang nonformal.
§
Informasi adalah kegiatan yang menghimpun, mencatat, mengolah,
menggandakan, menyebarkan, dan menyimpan berbagai informasi.
§
Personalia, ialah kegiatan yang mengatur
dan mengolah penggunaan tenaga kerja
§
Keuangan, adalah kegiatan yang mengatur
dan mengolah penggunaan sumber daya sekaligus yang dipertanggungjawaban
penggunaan dana.
§
Perbekalan, adalah kegiatan yang
merencanakan, mengurus dan mengatur dalam penggunaan peralatan kerja.
§
Humas, ialah kegiatan yang menciptakan hubungan dan dukungan yang baik
dari lingkungan masyarakat terhadap sekitar perusahaan.
Tujaun Administrasi Perkantoran
Tujuan
Administrasi Perkantoran - Umumnya, administrasi perkantoran merupakan
pekerjaan kantor yang bertujuan menghimpin, mencatat, mengelolah, menggandakan,
mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam kegiatan
kantor. Tujuan-tujuan administrasi perkantoran adalah sebagai berikut...
a. Menghimpun, adalah suatu kegiatan-kegiatan yang mencari data, mengusahakan tersedianya segala informasi yang belum ada sehingga siap untuk digunakan jika diperlukan.
b. Mencatat, ialah kegiatan yang membutuhkan berbagai peralatan tulis informasi sehingga terwujud tulisan yang dapat dibaca, dikirm, dan disimpan.
c. Mengolah, yaitu kegiatan yang mengolah informasi dengan maksud untuk menyajikan dengan bentuk yang lebih berguna
d. Menggandakan, adalah kegiatan yang menyampaikan dengan berbagai cara dan alat.
e. Mengirim, ialah kegiatan yang menyampaikan dengan berbagai cara dan alat yang informasinya terdiri dari satu pihak kepada pihak yang lainnya.
f. Menyimpan, adalah kegiatan yang menaruh informasi dengan sejumalh cara dan alat dalam suatu tempat yang aman.
a. Menghimpun, adalah suatu kegiatan-kegiatan yang mencari data, mengusahakan tersedianya segala informasi yang belum ada sehingga siap untuk digunakan jika diperlukan.
b. Mencatat, ialah kegiatan yang membutuhkan berbagai peralatan tulis informasi sehingga terwujud tulisan yang dapat dibaca, dikirm, dan disimpan.
c. Mengolah, yaitu kegiatan yang mengolah informasi dengan maksud untuk menyajikan dengan bentuk yang lebih berguna
d. Menggandakan, adalah kegiatan yang menyampaikan dengan berbagai cara dan alat.
e. Mengirim, ialah kegiatan yang menyampaikan dengan berbagai cara dan alat yang informasinya terdiri dari satu pihak kepada pihak yang lainnya.
f. Menyimpan, adalah kegiatan yang menaruh informasi dengan sejumalh cara dan alat dalam suatu tempat yang aman.
DAFTAR PUSTAKA
https://pengertian-secara-umum.blogspot.co.id/2017/11/pengertian-administrasi-perkantoran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar