Tata Persuratan
dan Kearsipan
A. Tata Persuratan dan Kearsipan
Surat berhubungan erat
dengan kantor. Kantor tanpa surat berarti tidak ada aktivitas yang dapat
dilakukan. Besar kecilnya kantor dapat dilihat dari banyak sedikitnya surat
yang terdapat di kantor tersebut.
Surat
Masuk adalah
surat-surat yang diterima oleh suatu organisasi/perusahaan yang berasal dari
seseorang atau organisasi. Sedangkan surat keluar adalah surat-surat yang dikeluarkan/dibuat suatu
organisasi/perusahaan untuk dikirimkan kepada poihak lain, baik perseorangan
maupun kelompok.
Setiap kantor dalam setiap
harinya akan menangani surat-surat. Mungkin satu hari ada yang 1 surat, 2
surat, puluhan surat, bahkan ratusan surat. Jumlah yang banyak tersebut jika
tidak ditangani dengan baik tentunya akan dapat merugikan banyak pihak,
khususnya bagi kantor yang bersangkutan. Kerugian-kerugian tersebut antara
lain:
- Surat dan informasinya
akan hilang
- Kantor menjadi tidak
rapi karena banyak tumpukan kertas yang tidak tertata
- Surat sulit ditemukan
jika dicari, karena letaknya tidak disusun secara teratur
Sementara itu, manfaat yang
dapat diperoleh dengan adanya penanganan surat yang baik antara lain:
- Surat akan tercatat
dengan baik dan sistematis
- Prosedur penanganan
jelas
- Surat akan tersimpan
dengan baik sehingga mudah untuk ditemukan
- Rahasia akan terjaga
Ada berbagai macam surat yang
diterima dalam suatu kantor, seperti surat pribadi, surat dinas, dan surat
niaga. Surat-surat tersebut dikategorikan sebagai surat biasa, surat penting,
atau surat rahasia. Yang dikategorikan surat penting adalah:
- Memerlukan penanganan
segera
- Jika terlambat
diproses akan dapat merugikan organisasi/perusahaan
- Jika hilang, sulit
dicari gantinya
- Terkadang informasi
dalam surat itu tidak terdapat dalam surat lain
- Memerlukan tindak
lanjut
Jika sebuah surat harus
dibalas atau ditindaklanjuti pada hari yang sama, maka surat tersebt dapat
dikategorikan surat penting. Ketika kita menerima beberapa surat penting pada
hari yang sama, identifikasikanlah surat-surat tersebut berdasarkan pengiriman
surat, tujuan surat, dan perihal surat. Kemudian buatlah prioritas penangan
surat-surat tersebut dan berilah tanda khusus/kode pada surat-surat.
Sedangkan pengertian kearsipan adalah segenap
kegiatan yang mencakup penciptaan arsip, penyimpanan arsip (filling),
penemuan kembali arsip (finding), penyelamatan arsip, dan penyusutan
arsip (pemindahan, pemusnahan, dan penyerahan). Filling yang
berjalan dengan baik akan berpengaruh pada keberhasilan finding.
Dengan kata lain penemuan kembali arsip dalam jangka waktu 1 menit tidak akan
tercapai bila penyimpanannya tidak baik. Ada 5 filling system yang
biasa digunakan oleh organisasi/perusahaan, yaitu:
- Filling sistem
Abjad/huruf
- Filling sistem Nomor
- Filling sistem
Tanggal/kronologis
- Filling sistem
Subyek/masalah/perihal
- Filling sistem
Wilayah/geografis
B. Perlengkapan Dalam
Penanganan Surat
Dalam penanganan surat ada
beberapa perlengkapan yang harus disediakan, antara lain:
- Baki surat/Tray,
berguna sebagai tempat dari berkas surat yang ada
- Buku Agenda surat
masuk dan surat keluar
- Kartu kendali, Lembar
pengantar surat masuk/surat keluar, dan lembar surat rahasia
- Secretaries Desk File,
yaitu kumpulan map dengan kode jenis klasifikasi pekerjaan sesuai dengan
kelompok berkas yang ditangani
- Alat tulis, antara
lain pulpen, pensil, penggaris, kertas catatab, stapler, dan penjepit
kertas
- Kertas dan amplop
dengan berbagai ukuran
- Alat Pembuka surat,
dapat berupa manual seperti pisau atau gunting, atau alat pembuka elektrik
dengan mesin pembuka surat
- Stempel, yaitu stempel
tanggal terima dan stempel perusahaan
- Formulir Tanda
Terima/Buku Ekspedisi
- Lembar Disposisi,
untuk mencatat instruksi dari pimpinan berkaitan dengan proses tindak
lanjut dari surat yang diterima dari pihak lain (surat masuk)
C. Pemeliharaan
Peralatan dan Mesin Kantor
Pemeliharaan alat dan mesin
kantor merupakan hal yang sangat penting agar alat dan mesin kantor dapat
digunakan untuk memperlancar suatu pekerjaan kantor. Cara memelihara alat dan
mesin kantor ada 2 macam yaitu:
- Pemeliharaan preventif
- Pemeliharaan untuk
memulihkan kerusakan yang timbul secara tidak menentu (remedial maintenance)
Pengurusan pemeliharaan
dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu:
- Kontrak pemeliharaan (maintenance
contracts)
- Servis perorangan (individual
service calls)
- Servis kantor (company-operated service)
DAFTAR PUSTAKA
https://dian4nggraeni.wordpress.com/2012/11/09/tata-persuratan-dan-kearsipan/
SMK YAPSA - GUNUNGPUTRI
Alamat : Jl. Pancasila No.17 Kp.Cikuda, Ds.Bojongnangka , Kabupaten Bogor , Jawa Barat , 16963 | ||
Telepon | : | - |
Email : smkyapsagp@gmail.com kelompok blog: 1. alzena bella fairuzia 2.julia safitri 3.meilani wijaya 4.safinah 5.siti nabilah 6.tarisa bilqist r |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar